September 23, 2021

Tanda-Tanda Hamil Muda yang Terkadang Tidak Disadari

Bagi pasangan yang belum lama menikah, kehamilan adalah salah satu hal yang paling ditunggu. Ya, kehamilan akan membuat pernikahan cenderung lebih sempurna. Namun, meskipun demikian, ada tanda-tanda hamil muda yang terkadang tidak disadari oleh seorang wanita.

Memang, belum adanya pengalaman membuat wanita sering abai pada perubahan yang terjadi pada tubuh. Beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh cukup sering dihubungkan dengan gangguan kesehatan, seperti telat haid karena stress, atau lainnya. Padahal, bisa jadi, perubahan tersebut adalah tanda hamil.

Terkait tanda hamil muda, ada beberapa ciri kehamilan yang terkadang tidak disadari. Adapun beberapa ciri tersebut adalah sebagai berikut:

  • Keram dan timbul bercak

Salah satu tanda kehamilan muda yang cukup sering muncul dan diabaikan adalah perut yang keram dan juga timbulnya bercak. Beberapa wanita sering menganggap bahwa hal tersebut merupakan tanda hair. Dasar pendapat mereka adalah umumnya haid akan keluar disertai dengan perut yang keram dan juga bercak.

Perlu diketahui bahwa bercak yang terjadi bisa jadi adalah tanda dari pembuahan. Dalam medis ada istilah darah pembuahan yang muncul dalam bentuk bercak. Jika hal ini terjadi di waktu haid yang sudah telat, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan.

  • Payudara bengkak

Payudara bengkak juga menjadi salah satu tanda umum di awal kehamilan. Namun, sayangnya, tanda ini sering diabaikan karena banyak wanita menganggap payudara yang bengkak dan nyeri adalah tanda haid biasa.

Memang, tanda ini mirip dengan gejala yang ditimbulkan saat hendak haid. Namun, bisa jadi payudara yang nyeri dan bengkak dikarenakan adanya pembuahan di rahim.

  • Areola menghitam

Tanda kehamilan muda lain yang cukup sering diabaikan adalah areola yang menghitam. Perubahan ini muncul karena adanya perubahan hormon yang terjadi. Tidak hanya itu, areola yang menghitam adalah persiapan tubuh secara alami untuk menghasilkan ASI.

Nah, tanda-tanda hamil muda di atas bisa menjadi patokan terutama untuk Anda yang baru menikah. Jika beberapa tanda tersebut muncul, maka Anda bisa segera melakukan pengecekan dengan alat tes kehamilan yang cukup banyak tersedia di apotek. Semoga bermanfaat.

Deskripsi: tanda-tanda hamil muda cukup banyak diabaikan oleh seorang wanita. Hal ini dikarenakan tanda yang muncul sering mirip dengan tanda haid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *