Sosok Rizieq Shihab kembali menjadi perbincangan publik. Seperti diketahui, pria yang akrab disapa Habib Rizieq itu mengumumkan kepulangannya ke Tanah Air. Habib Rizieq mengatakan bahwa dirinya dan keluarga akan pulang ke Indonesia pada 9 November 2020.

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu menjelaskan telah menyusun sejumlah agenda yang akan dilakukan di Tanah Air. Informasi tersebut ada dalam salah satu video di Kanal YouTube Front TV. "Saya ingin umumkan di sini, satu insyaallah saya dan keluarga hari Senin tanggal 9 November 2020 jam 19.30 waktu Saudi, akan terbang dari Bandara Kota Jeddah dengan pesawat Saudi Airlines, SV 816," ujar Habib Rizieq.

Jika tidak ada kendala, ia bakal tiba di Indonesia pada hari Selasa, 10 November 2020. "Pengumuman kedua, insyaallah pesawat kami mendarat tiba di Bandara Cengkareng, hari Selasa, tanggal 10 November tahun 2020 jam 9 pagi, waktu Jakarta di Terminal 3 Bandara Cengkareng," imbuhnya. Nah, salah satu agenda yang direncanakan Habib Rizieq adalah menikahkan putrinya.

Putri yang dimaksud bernama lengkap Syarifah Najwa Shihab. "Sabtu 14 November 2020 malam, ba'da Isya, kami akan langsung menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Markas Besar FPI, Petamburan sekaligus saya akan menikahkan putri saya yang keempat, Syarifah Najwa Shihab dengan tunangannya," kata Rizieq Shihab. Lantas, seperti apa sosok SyarifahNajwa Shihab?

Perlu diketahui, SyarifahNajwa Shihab merupakan putri keempat Rizieq Shihab. Ia merupakan buah hati hasil pernikahan sang imam besar dengan Syarifah Fadlun bin Yahya. Rizieq Shihab sendiri menikah dengan Syarifah Fadlun bin Yahya pada 11 September 1987 silam.

Dari pernikahan tersebut, Rizieq dikaruniai seorang putra dan enam putri. Enam anak Rizieq Shihab itu yakni Rufaidah Shihab, Humaira Shihab, Zulfa Shihab, Najwa binti Rizieq Shihab, Mumtaz Shihab, Fairuz Shihab, dan Zahra Shihab. SyarifahNajwa Shihabbakal menikah dengan seorang pria bernama Irfan Alaydrus.

Tak ada keterangan soal aktivitas maupun pendidikannya. Diberitakan sebelumnya, begitu sampai di Tanah Air, Rizieq bersama keluarganya akan langsung menuju kediamannya di Petamburan. Mereka rencananya bakal beristirahat selama dua hari.

"Yang ketiga, yang ingin kami sampaikan, setelah kami mendarat dari bandara kami sekeluarga kan langsung ke kediaman kami di Petamburan di Jakarta Pusat dan kami akan beristirahat, Rabu dan Kamis, yaitu 11 dan 12 November tahun 2020," ujarnya. "Jadi kalau ada kawan kawan, para habib, para ulama, para kiai, yang ingin berjumpa, ingin bersilaturahmi sudah mengetahui pengumuman ini pada hari tersebut saya berada di mana," imbuhnya. Rizieq lalu akan melaksanakan salat Subuh berjemaah di Tebet, Jakarta Selatan pada hari Jumat, 13 November 2020.

Ia kemudian juga akan ikut merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet. "Yang keempat pada hari Jumat, subuh, tanggal 13 November 2020, saya dan kawan kawan akan salat Subuh, akan ikut melaksanakan salat Subuh dan menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW di tempat kediaman guru kami tercinta, yaitu Syaikhi wa Murobbi Sayyidil Walid Al habib Ali bin Abdurrahman Assegaf di wilayah Tebet, Jakarta Selatan, insyaallah saya akan datang ke sana, beliau adalah guru saya, guru yang selalu memberikan motivasi," ucapnya. Rizieq kemudian bakal pergi ke Bogor untuk melaksanakan salat Jumat.

Selain itu, ia juga hendak melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Raya Syariat Pondok Pesantren Argo Kulturan. "Kemudian jam 8 pagi dari tempat beliau insyaallah rombongan kami akan langsung meluncur ke Bogor, yaitu ke Markas Syareat ke Pondok Pesantren Argo Kultural Megamendung, kami akan salat Jumat di sana," jelas Rizieq. "Setelah salat Jumat, kami akan melaksanakan peletakan batu pertama untuk pembangunan Masjid Raya Markas Syareat, insyaallah," tambahnya.

Keesokan harinya, Rizeq akan mengikuti acara Maulid Nabi Muhammad di Markas FPI di Petamburan. Selain mengikuti acara tersebut, rencananya dia juga akan menikahkan putrinya yang keempat. "Kemudian yang kelima, insyaallah pada hari Sabtu, tanggal 14 November tahun 2020 malam,ba'dasalat Isya kita akan langsung bersama sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Front Pembela Islam untuk menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di markas besar Front Pembela Islam di Petamburan Jakarta Pusat, sekaligus insyaallah saya akan menikahkan putri saya yang keempat, yaitu Syarifah Najwa Shihab dengan tunangannya," imbuh Rizieq.

Sebelumnya, warganet sempat dihebohkan dengan beredarnya sebuah video. Dalam videotersebut, terlihat sosok pentolan Front Pembela Islam (FPI),HabibRizieqShihab. Pria yang akrab disapa Habib Rizieq itu mengaku akan kembali ke Indonesia dalam waktu dekat.

Sontak, video tersebutjadi perbincangandan viral di media sosial. Video yang berdurasi 01.30 menititu tersebar di media sosial Twitter. SangImam BesarFPIterlihat sedang duduk di sofa sambil bersama belasan orang.

Sembari menggunakan mikrofon, iamembicarakansoal rencana kepulangannya ke Indonesia. "Insya Allah dalam waktu dekat, saya kembali ke Indonesia ke Tanah Air dan kembali berjuang bersama umat Islam di kita punya negeri tercinta," imbuhnya. Rizieq mengaku ingin pulang ke Indonesia karenakecintaannya kepada Tanah Air.

Selain itu, Rizieq merasa kondisiIndonesia saat ini sedang sangat memprihatinkan. "Melihat kondisi kita punya negeri saat ini dalam kondisi yang sangat memprihatinkan." "Artinya kondisi yang sangat memprihatinkan tentu membutuhkan kepedulian yaitu dari setiap rakyatdan bangsanya."

"Termasuk kepedulian perhatian dari para habaib, ulama, tokoh, dan aktivis." "Bagaimana supaya kita bisa saling bergandengan tangan, bahu membahu menyelamatkan kita punya negeri dari keterpurukan," ujar Rizieq. Mengenai video viral tersebut, Ketua Bantuan HukumFPISugito Atmo Prawiro angkat bicara.

Ia pun mengonfirmasi kebenaran video tersebut. Menurut Sugito,videotersebut direkam baru baru ini. Namun, Sugito belum bisa memastikan kapan waktu pasti kepulangan Habib Rizieq Shihab.

Sebelumnya diberitakan,HabibRizieq akan pulang ke Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua UmumFPIAhmad Shabari Lubis. Menurutnya,rencana kepulanganRizieq Shihab ke Indonesia karena pencekalan yang dilakukan pemerintah Kerajaan Arab Saudi telahdicabut.

Sobri menambahkan, dirinya diberi tahu langsung oleh Rizieq Shihab dari Arab Saudi terkaitkepulangannya itu. Habib Rizieq, lanjut Sobri,dibolehkan setelah pihaknya melobi pemerintah Arab Saudidan sama sekali tak melibatkan pemerintah Indonesia. "Pada hari ini Imam Besar Muhammad RizieqShihab secara resmi sudah dicabut cekalnya," kata Sobri.

Sobri menambahkan, Rizieq Shihab juga akan terbebas dari denda overstay senilai 30 ribu riyal atau Rp110 juta diklaim tak lagi perlu dibayar. Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi,AgusMaftuhAbegebrielmembantahterkait rencana kepulangan KetuaFrontPembelaIslam(FPI)Rizieq Shihab ke Tanah Air. Berdasarkankomunikasi pihaknya, Agus Maftuh mengatakan Kerajaan Arab Saudi sampai detik ini masih mencekalRizieq Shihab.

"Nama Mohammad Rizieq Shihab (MRS) dalam sistem portal imigrasi Kerajaan Arab Saudi masih“blinking merah” dengan tulisan ta’syirat mutanahiyah (visa habis)," kata Agus Maftuh Rabu (14/10/2020) lalu. Agus menjelaskan, dalam kolom lain tertulis mukhalif atau pelanggar undang undang. Adapun bentukpelanggarannya adalah mutakhallif ziyarah atau overstay dengan visa kunjungan.

Agus menambahkan,ada juga kolom “ma’lumat al mukhalif” ataubdata tentang pelanggar. Di kolom foto MRS ditulis “Surah al Mukhalif” foto pelanggar."Red Blink adalah sinyal bahwa yang bersangkutan blm bisa keluar dari Arab Saudi," kata Agus. Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia saat dikonfirmasi belum mengetahui informasi apapunterkait wacana kepulangan Rizieq Shihab dari Arab Saudi ke Indonesia.

“Saya belum dapat informasiterkait hal itu (kepulangan Rizieq Shihab),” Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah memastikan. Rizieq Shihab meninggalkan Indonesia sejak Polri menyelidiki kasus pornografi melalui pesan singkatdengan Firza Husein pada 2017. Dari kejadian itu, Rizieq Shihab lantas memilih bermukim di Arab Saudi dan belum kembali ke Indonesia hingga kini.