October 21, 2021

Solusi SehatQ, Tes Kesehatan dengan Kalkulator BMI

Tes kesehatan bisa dilakukan dalam bentuk apa saja, baik dalam pemeriksaan fisik atau mengukur IMT dengan menggunakan kalkulator BMI. Sementara melakukan  Tes Kesehatan juga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, selama yang melayani Anda adalah orang – orang tenaga kesehatan yang bekerja secara profesional di bidangnya. 

Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara yang dapat dilakukan untuk tes kesehatan menggunakan kalkulator BMI, antara lain yaitu :

Bagaimana Cara Tes Kesehatan Menggunakan Kalkulator BMI ?

  • Pemakaian Kalkulator BMI

Kalkulator BMI adalah sebuah alat kesehatan yang digunakan untuk mengukur IMT atau indeks massa tubuh. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah berat badan Anda saat ini normal, kekurangan energi kronis, berlebih atau bahkan menderita obesitas. Penyakit akan lebih mudah dicegah setelah pengukuran. 

Kalkulator BMI atau IMT ini nantinya akan membandingkan berat badan Anda dengan tinggi badan Anda. Proses selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu menghitung dengan melakukan pembagian berat badan dalam ukuran kilogram. 

Hal ini lengkap dengan tinggi badan yang nantinya akan diukur dalam ukuran meter kuadrat.  Dengan sehatQ, Anda dapat memakai kalkulator BMI secara online. Pertama Anda harus menginput data – data yang diperlukan. 

Baik gender, usia, berat dalam kg, dan tinggi dalam ukuran centimeter. Perlu dicatat juga bahwa Body Mass Index bisa didapat dari sebuah nilai perhitungan berat badan dan tinggi badan. 

  • Rumus BMI

Nilai BMI didapat dari jumlah berat dan tinggi badan seseorang, yang mana hal ini bertujuan untuk mengetahui proporsi tubuh orang tersebut. Risiko kesehatan seseorang di masa depan akan dapat diprediksi dari IMT, baik penyakit diabetes melitus, stroke, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi atau hipertensi. 

Rumus BMI adalah cara untuk menghitungnya yakni perbandingan antara berat badan dengan tinggi badan Anda. Hasil dari nilai BMI atau IMT adalah berat badan dalam kilogram yang dibagi dengan tinggi badan dalam ukuran meter kuadrat. Ini merupakan salah satu cara untuk menghitung Indeks Massa Tubuh atau BMI. 

  • Cara Mendapat Berat Badan Normal

Dan untuk mendapat berat badan yang ideal, maka Anda dapat melakukan olahraga di rumah secara rutin, baik berjalan kaki setiap hari atau mengangkat beban. Hindarilah makanan yang tinggi kalori, tinggi gula dan makanan cepat saji. 

Dapat dikatakan bahwa dengan memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh adalah hal yang penting dilakukan. Dalam hal ini sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, baik berupa buah – buahan dan makanan tinggi serat lainnya. 

Perlu digaris bawahi bahwa Anda tidak boleh melewatkan sarapan. Jika menu sarapan Anda baik, maka Anda dapat membuat metabolisme menjadi lebih lancar dan membuat Anda berenergi sepanjang hari. 

  • Manfaat Tes Kesehatan

Tes kesehatan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup Anda, terlebih lagi jika Anda melakukannya secara rutin. Anda dapat melakukan tes kesehatan guna mendeteksi gejala penyakit.

Karena saran medis dari hasil tes kesehatan akan sangat berguna untuk melakukan pencegahan kemunculan penyakit. Pasien dapat melakukan tes kesehatan rutin untuk memantau status kesehatan mereka. 

Bahwa mencegah adalah tindakan yang sangat penting untuk memberikan penurunan risiko penyakit yang serius. Tes kesehatan memiliki ragam tujuan yang tentunya akan sangat menguntungkan untuk Anda sebagai pasien. 

Tes kesehatan dapat menurunkan risiko penyakit, mendeteksi dini kemungkinan penyakit serius, meningkatkan kemungkinan keberhasilan terapi, membatasi risiko komplikasi, membuat biaya kesehatan menurun, meningkatkan efisiensi pada terapi serta mengetahui info terkini seputar teknologi medis. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *