September 23, 2021

Sebelum Pilih Asuransi Kesehatan Personal, Pertimbangkan Dulu 4 Hal Ini!

Memiliki asuransi kesehatan pribadi adalah sebuah keputusan bijak untuk proteksi diri Anda dari berbagai risiko kesehatan. Bahkan jika Anda sudah memiliki asuransi dari kantor atau asuransi jiwa sekalipun. Hanya saja, memilihasuransi yang akandigunakantidakbolehsembarangan.Anda harus membuat keputusan dengan cermat dan bijak sebelum Anda menentukan polis asuransi kesehatan yang akandibeli agar mendapatkanmanfaat yang maksimal.

Kalau begitu, apa saja pertimbangan yang perlu Anda perhatikan ketika Anda akan memilih polis asuransi kesehatan personal? Simak daftar dan penjelasannya berikut ini.

  • Bagaimana kondisi kesehatan Anda?

Pertama, evaluasi dulu kondisi kesehatan Anda. Tanpa harus menjalani tes kesehatan langsung, Anda bisa dapatkan gambaran besar dari beberapa informasi. Misalnya berapa kali Anda mendapatkan penanganan dokter atau di rumah sakit tahun sebelumnya? Berapa dana yang Anda habiskan untuk perawatan medis, tes lab, membeli obat, atau layanan kesehatan lainnya? Dengan cara ini, Anda bisa ketahui berapa besar biaya kesehatan yang Anda butuhkan dalam setahunsehinggabisamenjadidasarperkiraanpertanggungan yang dibutuhkan.

  • Ketahui berapa lama masa tunggunya dan kebijakan pre-existing condition. Pastikan Anda sudah mendapatkan informasi mengenai masa tunggu asuransi kesehatan yang akan Anda pilih. Tanpa informasi ini, ada kemungkinan bahwa kebutuhan Anda akan layanan medis tertentu bisa terdampak, contohnya jika Anda harus menjalani operasi. Selain itu, cari informasi tentang pre-existing conditions dan bagaimana polis asuransi tersebut akan menanggungnya, terutama jika Anda sudah mengonfirmasi punya kondisi/penyakit bawaan.
  • Apa yang jadi prioritas dan kebutuhan Anda? Banyaknya pilihan produk asuransi kesehatan personal memang menawarkan banyak alternatif. Tapi, Anda bisa jadi malah kebingungan memilih. Pada intinya, Anda bisa seleksi produk asuransi berdasarkan kebutuhan spesifik Anda terlebih dahulu. Baru setelah itu Anda bisa telaah lebih lanjut. Meskipun polis dengan premi termurah memang terlihat menggiurkan, apakah proteksinya benar-benar sesuai kebutuhan Anda?
  • Apa saja yang dikecualikan? Selain jenis dan cakupan manfaat serta premi, polis asuransi kesehatan personal juga pasti akan merinci apa saja yang jadi pengecualian (exclusion). Pastikan bahwa Anda sudah mendapatkan informasi tentang apa saja biaya atau penanganan medis yang dikecualikan sejak awal. Jadi, Anda tidak akan merasa “kaget” di kemudian hari.

Itu dia 4 pertimbangan penting dalam memutuskan dan memilih asuransi kesehatan personal. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *