May 26, 2022

Pentingnya Oli Transmisi untuk Kendaraan

Selain oli mesin, kendaraan juga membutuhkan oli transmisi. Baik mobil maupun motor, oli transmisi memiliki peranan yang sangat penting. Seberapa pentingnya oli transmisi untuk kendaraan? Di sini, kita akan membahas fungsi oli transmisi untuk keberlangsungan mesin kendaraan.

Fungsi Oli Transmisi untuk Mesin Kendaraan

Mengganti oli transmisi merupakan Langkah preventif mencegah insiden dalam perjalanan jauh ketika menggunakan kendaraan seperti mesin tiba-tiba macet. Beberapaalasan penting untuk mengganti oli transmisi adalah sebagai berikut:

  • Menjaga komponen mesin

Pasti kalian sering merasakan suara mesin kasaratau mengalami mesin tersendat. Hal-hal tersebut bisa dicegah dengan mengganti oli transmisi. Penggantian oli transmisi memang harus dilakukan secara berkala supaya gesekan antar komponen mesin lacar dan membuat mesin tersebut awet.

  • Kinerja mesin meningkat

Jika kalian mengganti oli transmisi berkala, kalian pasti akan merasakan performa mesin kendaraan meningkat. Setelah oli transmisi diganti, perubahan sangat terasa sehingga kinerja mesin segar Kembali seperti baru. Pergerakannya mulus yang membuat berkendara lebih nyaman.

  • Mencegah debu/kotoran

Jika oli transmisi tidak diganti, maka akan sangat kotor & kental. Hal ini bisa mengakibatkan komponen dalam transmisi rusak. Lebih jauh lagi, hal ini akan merusak komponen mesin lainnya akibat gesekan komponen mesin yang kasar. Bahkan, karat juga lebih mudah timbul.

  • Mencegah turun mesin

Salah satu cara mencegah turun mesin adalah dengan mengganti oli transmisi. Jika sudah waktunya mengganti oli transmisi namun tidak dilakukan, maka kendaraan akan mudah mogok akibat komponen di dalam mesin yang berupa logam semakin kasar & kesat. Tentu saja, setiap pengendara tidak ingin hal ini terjadi. Itulah gunanya penggantian oli transmisi dilakukan berkala.

Sebelum hal-hal yang tak diinginkan terjadi, penggantian oli transmisi sangat direkomendasikan. Beberapa kerusakan mesin transmisi karena telat mengganti oli transmisi adalah seperti usia komponen mesin pendek, tenaga kendaraan jauh berkurang, terjadi penyumbatan dalam sistem transmisi, dll. Informasi pentingnya oli transmisi untuk kedaraan, kapan harus mengganti, dan info penti lainnya bisa dilihat di Autochem Industry.

Deskripsi: Pentingnya oli transmisi untuk kendaraan harus benar-benar dipahami yaitu menjaga komponen mesin, meningkatkan kinerja mesin, mencegah debu/kotoran, dan mencegah turun mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.