October 1, 2022

Pengertian Fintech dan Pengaruhnya dalam Bisnis 

Pengertian Fintech dan Pengaruhnya dalam Bisnis – Apa itu fintech? Apakah fintech mempengaruhi bisnis? Sebuah bisnis tidak dapat dipisahkan dari sektor keuangan yang melibatkan perekonomian perusahaan. Sektor keuangan sendiri saat ini sedang mengalami perkembangan yang signifikan menuju ke arah yang lebih modern dan praktis. Salah satunya adalah perkembangan Financial Technology atau yang lebih dikenal dengan FinTech Indonesia.

Definisi Fintech

Fintech adalah financial technology, sebagaimana dijelaskan oleh National Digital Research Center (NCRC), yang merupakan bentuk inovasi dari layanan keuangan yang memudahkan kita dalam bertransaksi. 

Tujuan utama dikembangkannya Fintech Indonesia adalah untuk menghadirkan proses transaksi finansial atau finansial yang lebih praktis, seperti proses pembayaran, penyetoran, transfer, jual beli saham dan utang usaha. Lalu bagaimana fintech mampu memberikan pengaruh terhadap perkembangan bisnis?

Pengaruh Fintech dalam Pengembangan Bisnis

Pengertian Fintech adalah financial technology, dari penjelasan mengenai Fintech di atas, ada beberapa hal yang secara umum menjadi alasan fintech mampu mengubah gaya hidup masyarakat. Maka dari itu, perkembangan Fintech semakin dinantikan oleh masyarakat. Bank Indonesia sendiri telah membagi Fintech menjadi 4 kategori sesuai dengan perannya, berikut uraiannya:

A. Crowdfunding dan Peer to Peer Lending

Crowdfunding dapat dilakukan dalam penggalangan dana untuk tujuan sosial, seperti korban bencana alam, karya penggalangan dana dan sebagainya secara online. Sedangkan Peer to Peer Lending digunakan untuk membantu para pelaku UMKM permodalan agar dapat meminjam dana dari bank walaupun tidak memiliki rekening bank.

B. Pengumpul Pasar

Saat konsumen ingin mencari produk asuransi, mereka dapat memberikan data keuangan pribadi ke platform Fintech dan platform akan mencocokkan data konsumen dengan produk asuransi.

C. Manajemen Risiko dan Investasi

Fintech berfungsi sebagai media untuk membantu konsumen melakukan perencanaan keuangan digital. Mulai dari penilaian manajemen risiko dan nilai investasi, hingga manajemen aset yang mengurus operasional bisnis agar lebih efisien.

D. Pembayaran, Penyelesaian dan Kliring

Fintech juga menyediakan fitur penyetoran uang elektronik yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran pembelian, tagihan dan lain-lain dalam bentuk aplikasi. Selain itu, Fintech juga penting dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, dengan semakin berkembangnya Fintech di Indonesia maka secara otomatis akan meningkatkan perkembangan startup baru sebagai bentuk inovasi di bidang Fintech. 

Berdasarkan berita terbaru, disebutkan bahwa sektor Fintech mampu mengentaskan kemiskinan bagi lebih dari 600 juta orang di kawasan Asia Tenggara. Pasalnya, Fintech tidak hanya fokus mencari keuntungan, tetapi juga memberikan inovasi baru seperti peningkatan infrastruktur perbankan.

Dengan Fintech saat ini, lebih mudah untuk mendapatkan modal. Karena Fintech menyediakan layanan seperti crowdfunding, mobile payment dan juga layanan pengiriman uang yang lebih praktis. Salah satu keuntungan tersebut tidak hanya untuk usaha besar, tetapi untuk usaha kecil yang sedang dirintis, mereka juga bisa mendapatkan keuntungan ini. Fintech juga membantu untuk mendapatkan konsumen bisnis Anda. 

Sebab, perkembangan financial technology mampu mengubah pola pikir masyarakat yang tidak membedakan antara bisnis besar dengan yang sedang dibangun. Bagi masyarakat, yang terpenting adalah kemudahan bertransaksi.

Apa itu Peer to Peer dalam Fintech? 

Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, kita memang bisa melakukan berbagai hal secara online, termasuk mengajukan atau memberikan pinjaman. Lalu seperti apa penjelasan lebih detail dari P2P tersebut? Berikut informasinya.

Dapat dikatakan Peer To Peer Lending adalah suatu metode atau sistem financial technology (fintech) berupa peminjaman atau penyediaan dana dari dan oleh perorangan atau badan usaha. Dalam sistem P2P lending ini, akan ada peminjam dan pemberi pinjaman yang bertemu di platform online.  Dapat dikatakan bahwa P2P seperti pasar online sebagai tempat bertemunya pemberi pinjaman dan peminjam dengan kebutuhannya masing-masing.

Keuntungan Menggunakan P2P

Dalam P2P lending ini, Anda sebagai peminjam akan mendapatkan beberapa keuntungan, yaitu:

  • Suku bunga rendah dibandingkan dengan suku bunga dari lembaga keuangan lain seperti bank.
  • Anda tidak memerlukan agunan atau agunan saat mengajukan pinjaman.
  • Aplikasinya tidak membutuhkan banyak syarat seperti di bank. Jika Anda diketahui memiliki reputasi buruk terkait pinjaman, maka Anda bisa menjelaskan alasannya.
  • Anda dapat meminjam dana untuk tujuan atau alasan apapun selama ada pemberi pinjaman.

Demikian pembahasan mengenai pengertian Fintech dan pengaruhnya dalam bisnis, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.