July 24, 2021

Menikah di Masa Pandemi? Ini Dia Tips Memilih Venue yang Tepat!

Ketika merencanakan pernikahan, tentu pilihan venue adalah salah satu keputusan penting yang wajib Anda buat dengan matang bersama dengan pasangan. Anda bisa pilih nikah di hotel terbaik Jakarta atau venue outdoor yang sesuai dengan keinginan dan budget Anda.

Akan tetapi, Anda juga perlu cermat dalam memilih venue resepsi selama masa pandemi ini. Sebab, acara Anda juga harus bisa menjamin aspek kesehatan Anda dan pasangan, keluarga, tamu, dan bahkan staf yang mendukung kelancaran resepsi.

Memilih Venue Pernikahan Saat Pandemi

Sebenarnya, venue yang paling dianjurkan untuk melangsungkan resepsi pernikahan selama masa pandemi adalah venue outdoor. Sebab, risiko penularan virus corona di ruang terbuka memang jauh lebih kecil dibandingkan di ruang tertutup.

Kalau begitu, apakah artinya venue indoor benar-benar dilarang untuk dipilih saat melangsungkan resepsi? Tentu saja tidak. Apabila Anda memang lebih menghendaki venue indoor untuk resepsi pernikahan seperti di gedung atau hotel, usahakan untuk memilih tempat dengan jendela dan ventilasi yang cukup. 

Di samping itu, usahakan pula bahwa venue indoor untuk resepsi juga bisa diakses dengan mudah dan cepat dari lokasi parkir atau lobi hotel. Dengan begitu, para tamu undangan Anda pun bisa mempersingkat jarak dan waktu tempuh dari mobil atau pintu lobby ke venue.

Ukuran venue juga wajib Anda pertimbangkan dengan masak. Sebab, Anda harus bisa menjamin bahwa jarak fisik (physical distancing) bisa dilakukan dengan mudah selama acara resepsi nanti, baik antar tamu maupun antara tamu dengan staf venue.

Pastikan pula bahwa pihak manajemen venue menyediakan fasilitas kesehatan selama berlangsungnya acara. Lebih bagus lagi, cek bahwa fasilitas tersebut sudah termasuk di dalam harga paket pernikahan yang Anda bayarkan. Contohnya hand sanitizer, staf untuk mengukur suhu tamu, hingga staf medis yang siap siaga selama resepsi berlangsung.

Dan tentunya, pastikan juga bahwa semua fasilitas yang Anda rasa sebagai fasilitas basic pada venue resepsi juga tersedia. Contohnya listrik, sound system, dekorasi, hingga konsumsi. Nah, bicara soal konsumsi, apakah ada pertimbangan khusus yang juga perlu Anda pikirkan?

Sebaiknya Anda sediakan konsumsi dalam bentuk hampers saja agar bisa dibawa pulang oleh para tamu. Hal ini juga untuk meminimalisir risiko penularan karena pasti para tamu akan membuka masker saat makan, bukan?

Kemudian, Anda juga harus membatasi durasi resepsi dengan ketat. Mengingat bahwa resepsi pernikahan dibatasi jumlah tamunya berdasarkan peraturan yang berlaku, Anda pun bisa menyelenggarakan acara dengan lebih singkat dan cepat. 

Idealnya, adakan resepsi maksimal 1,5 jam saja. Jika Anda akan menyelenggarakan resepsi sebanyak 2 sesi, berikan jeda selama minimal 1 jam agar venue pernikahan bisa dibersihkan dengan cairan disinfektan terlebih dahulu.

Pernikahan merupakan momen penting bagi Anda, pasangan, keluarga, dan orang-orang terdekat. Oleh karena itu, rencanakan dengan baik agar kebahagiaan dan kesehatan semua terjaga, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *