October 1, 2022

Manfaat Vitamin B5 untuk Kulit Buah Hati, Sudah Tahu Belum?

Merawat si Kecil di awal masa kehidupannya di dunia selalu memberikan tantangan tersendiri buat para orang tua. Tubuhnya yang masih kecil dan ringkih ditambah dengan proses adaptasinya dengan lingkungan sekitar menjadikan bayi rentan terhadap ancaman penyakit, salah satunya iritasi kulit. Salah satu jenis iritasi yang sering menyerang adalah ruam popok. 

Ruam ini ditandai dengan munculnya kemerahan di area yang sehari-hari tertutup popok seperti pangkal paha, sekitar kelamin dan pantat. Nah, salah satu pertolongan pertama yang umum diberikan adalah dengan mengoleskan salep ruam yang mengandung vitamin B5.

Bukan hanya ditemukan di krim ruam, nyatanya vitamin ini juga sering digunakan sebagai bahan aktif pada skincare orang dewasa, lho. Hal ini dikarenakan manfaat vitamin B5 memang cukup banyak terutama dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit [1]. Mau tahu apa saja khasiat dari vitamin ini? Yuk, simak informasinya.

Apa Itu Vitamin B5? [1,2]

Vitamin B5 atau yang juga disebut dengan dekspanthenol adalah salah satu anggota kelompok vitamin B kompleks yang bersifat larut dalam air. Sama seperti vitamin lain pada umumnya, vitamin B5 ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Itu artinya, agar bisa merasakan manfaatnya Anda harus memenuhi asupan vitamin B5 baik melalui makanan sehat maupun produk yang mengandung unsur tersebut. 

Menariknya, vitamin B5 memiliki fungsi khusus untuk kulit. Maka dari itu, jika ingin mendapatkan manfaatnya secara maksimal sebaiknya produk perawatan kulit yang mengandung vitamin B5 juga digunakan supaya bersentuhan langsung dan diserap oleh kulit. Vitamin ini umumnya ditemukan pada salep ruam bayi, krim wajah hingga losion tubuh yang berkhasiat menjaga kelembaban alaminya.

Mengingat bahwa vitamin B5 adalah bahan alami yang memang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat bermetabolisme dengan normal, maka bahan ini secara otomatis aman dikonsumsi atau digunakan setiap hari. Termasuk juga pada kulit bayi yang sedang mengalami iritasi kulit seperti ruam popok. 

Dengan penggunaan teratur, kandungan vitamin B5 dapat membantu melembutkan dan melembabkan kulit sehingga ruam dan kulit kering dapat sembuh dengan lebih cepat. Salah satu fakta menarik yang tidak boleh diabaikan adalah vitamin B5 bersifat anti inflamasi yang mampu menenangkan kulit kemerahan akibat peradangan atau iritasi. Tidak heran jika salep ruam dengan kandungan vitamin tersebut dipercaya oleh para ibu.

Apa Saja Manfaat Vitamin B5 untuk Kulit? [1,2]

Secara umum, blok vitamin B kompleks dibutuhkan oleh tubuh agar metabolisme berjalan dengan normal. Namun, khusus vitamin B5, ada sejumlah khasiat yang erat kaitannya dengan kesehatan kulit kita, termasuk kondisi kulit bayi yang sensitif. Berikut adalah beberapa manfaat terbaik dari vitamin B5 untuk kulit si Kecil dan ibu tentunya.

  • Bersifat sebagai antiinflamasi

Ruam kulit terjadi karena adanya iritasi atau peradangan yang dipicu oleh kontak dengan urin dan feses yang bersifat asam, atau gesekan dengan permukaan popok. Dengan proses regenerasi sel tubuh bayi yang cepat, iritasi kulit sebenarnya bisa sembuh dengan cepat dalam hitungan hari. Namun, iritasi bisa membawa ketidaknyamanan akibat rasa gatal dan perih.

Vitamin B5 bersifat anti inflamasi yang artinya dapat membantu meredakan peradangan pada kulit. Dengan penggunaan teratur, kulit yang awalnya merah dan kelihatan mengilap perih berangsur membaik. Dengan begini, si Kecil juga akan merasa lebih nyaman karena perih yang dirasakan berkurang.

  • Merangsang pembentukan kolagen

Kolagen adalah jenis protein yang berfungsi menjaga keremajaan kulit. Penggunaan produk dengan kandungan vitamin B5 dapat merangsang produksi kolagen sehingga tidak heran bila dengan pemakaian teratur, kulit terasa lebih lembut dan kenyal. 

Selain membantu menjaga keremajaan kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk regenerasi sel yang sudah rusak, misalnya karena iritasi popok. Dengan bantuan kolagen, sel kulit akan meregenerasi sehingga luka lebih cepat sembuh. Itulah sebabnya, vitamin B5 juga dijadikan bahan alami aktif pada krim ruam popok 

  • Membantu menjaga kelembaban kulit

Kulit bayi berpotensi mengalami kekeringan yang diakibatkan oleh iritasi hingga dehidrasi. Perlu diketahui, vitamin B5 memiliki sifat humektan yaitu mampu mengikat air dan menguncinya di dalam sel kulit sehingga senantiasa terhidrasi dengan baik.  Dalam konteks ini, fungsi vitamin B5 tentu saja akan semakin maksimal bila dibarengi dengan konsumsi air yang cukup.

  • Menjaga kekenyalan kulit

Bukan hanya mempercepat penyembuhan luka, kolagen juga berfungsi menjaga kekencangan dan kepadatan kulit. Seperti yang diketahui, vitamin B5 memiliki kemampuan merangsang produksi kolagen dalam sel kulit. Dengan pemakaian krim yang mengandung vitamin B5, bukan tidak mungkin kulit jadi terasa lebih kencang dan kenyal bak kulit bayi.

Manfaat vitamin B5 yang banyak ini bisa ditemukan dalam Bepanthen, salep ruam popok yang mengandung bahan alami termasuk dexpanthenol dan lanolin. Ikuti petunjuk penggunaan supaya ruam yang menyerang segera reda dan si Kecil kembali tersenyum cerah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.