October 23, 2021

Makan Nasi Kuning saat Acara Ulang Tahun, Puluhan Warga di Tasikmalaya Keracunan

Puluhan warga di Kelurahan Karikil, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya mengalami keracunan massal. Mereka keracunan setelah menyantap nasi kuning di acara ulang tahun seorang anak, Rabu (7/10/2020) malam. Sebagian besar korban merupakan anak anak dan ibu ibu yang saat itu mendampingi anak mereka di acara tersebut.

Para korban mulai merasakan pusing, mual mual dan muntah muntah sejak Kamis (8/10/2020) dini hari. Mereka kemudian langsung dievakuasi ke Puskesmas Karanganyar, Kawalu dan Puskesmas Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. "Awalnya kami sekeluarga ada acara ulang tahun dan membuat nasi kuning atau tumpeng untuk makanannya," jelas Anwar (43), salah seorang ayah korban di Puskesmas Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Kamis siang.

"Anak saya langsung mual mual dan muntah muntah terus menerus dan langsung dibawa ke Puskesmas Mangkubumi." "Pas paginya, saya dapat kabar ramai di grup WhatsApp bahwa semua yang hadir keracunan nasi kuning sama. Banyak puluhan orang," teran Anwar. Anwar mengaku dirinya pun sama menyantap nasi kuning acara ulang tahun tersebut tapi tak terlalu banyak.

Dirinya hanya mengalami diare dan tak terlalu parah sehingga tak sampai menjalani perawatan. "Namun, anak saya dan tetangga saya orang dewasa yang di Kampung Cilange, Kelurahan Karikil, yang makan nasi kuning itu semuanya keracunan sama, muntah muntah," tambah Anwar. Sebagian besar korban berusia anak anak dan ibu ibu yang saat itu mendampingi anaknya saat acara ulang tahun serta memakan nasi kuning yang sama.

Mereka mengalami gejala sama muntah muntah sampai badannya lemas dan mendapatkan perawatan. "Bukan hanya anak anak yang parah, banyak juga orang dewasa yang parah," tambahnya. Sementara itu, Komandan Koramil 1203 Kawalu Kodim 0612 Tasikmalaya, Mayor Inf Iwan Suwanto, membenarkan kejadian keracunan massal yang terjadi di wilayahnya yang diduga akibat memakan nasi kuning di sebuah acara ulang tahun anak di Kampung Cilange, Kelurahan Karikil, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya.

Sampai sekarang sudah puluhan orang yang dirawat di ruang darurat Puskesmas Mangkubumi, karena di Puskesmas Karanganyar sudah tak tertampung lagi. "Saya pertama mendapatkan informasi dari Babinsa setempat bahwa ada banyak korban keracunan di Mangkubumi," kata Iwan di Puskesmas Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Kamis siang. "Kalau jumlah korban kita masih mendata pastinya. Tapi sesuai data yang diperoleh dari 100 undangan, yang hadir di acara itu ada 80 orang," tambahnya.

Sampai berita ini diturunkan, proses evakuasi korban masih dilakukan oleh beberapa unit mobil ambulans dari tiap rumah korban ke Puskesmas Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. Korban mulai anak anak dan dewasa sedang menjalani perawatan intensif tenaga medis Puskesmas setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *