July 24, 2021

Lebih Praktis! Resep Rendang Daging Sapi dengan Rice Cooker

Siapa bilang membuat rendang daging sapi itu sulit? Kamu bisa memanfaatkan rice cooker untuk membuat rendang daging sapi. Resep rendang daging sapi juga tergolong mudah.

Kamu bisa mencoba resep rendang daging sapi dengan rice cookersaat Idul Adha 2020. Berikut ini resep rendang daging sapi dengan menggunakan rice cooker yang bisa kamu coba. Kilogram daging sapi (bagusnya daging bagian kepala)

Lembar daun kunyit Lembar daun jeruk Lembar daun salam

Santan dari 4 butir kelapa Sendok makan garam 100 gr bawang merah

100 gr bawang putih 150 gr cabai merah keriting Ruas jari jahe

Ruas jari laos Batang sereh 1. Potong potong daging berbentuk kotak dan haluskan bumbu halus dengan blender atau batu giling (ulekan).

2. Sangrai sebentar santan, daging, dan bumbu di wajan. Setelah santan agak berubah warna dan lebih kental masukkan semua bahan ke dalam rice cooker . Kemudian masak semua bahan dengan menyalakan rice cooker . Perlu diketahui setiap rice cooker memiliki mode pengaturan yang berbeda. Rice cooker manual dengan pilihan masak dan panaskan, harus lebih dipantau. Jika tombol masak sudah naik tetapi daging belum empuk, pencet kembali tombol masak. Sesekali aduk daging di rice cooker dengan perlahan.

Biasanya rendang yang dimasak di rice cooker bumbunya tak akan kering karena rice cooker menjaga kelembapan makanan. Apabila ada mode slow cook pada rice cooker milikmu, gunakan saja mode itu, ya. 3. Setelah rendang sudah empuk di rice cooker, kita bisa pindahkan ke wajan dan memasaknya kembali jika ingin rendang yang lebih kering.

4. Rendang di rice cooker sebenarnya sudah bisa dimakan, tetapi namanya belum bisa disebut sebagai rendang daging sapi karena dedak bumbunya belum ada. Orang Minang menyebutkanya kalio. Oleh karena itu butuh proses memasak lanjutan di wajan agar rendang lebih kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *