January 18, 2022

Inilah Penyebab Ban Kendaraan Pecah

Tahukah Anda jika ban pecah adalah salah satu penyebab tertinggi kecelakaan di jalan tol? Melansir republika.co.id, data Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menunjukkan bahwa 80% kecelakaan kendaraan berpenumpang di jalan tol disebabkan oleh ban kendaraan yang pecah. Oleh sebab itu, penting sekali Anda tahu apa saja penyebab ban pecah supaya mobil yang baru Anda beli lewat perusahaan pembiayaan kendaraan di Indonesia tidak mengalami kondisi serupa.

Berikut adalah beberapa penyebab utama ban kendaraan yang pecah:

  • Tekanan Udara Kurang

Penyebab pertama adalah kurangnya tekanan udara. Hal ini penting sebab ketika ban kendaraan Anda berada pada tekanan yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan, pergerakan dinding pada ban dapat membuat kawat baja lebih mudah putus. Alhasil, ban pecah mungkin sekali tidak terhindarkan ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

  • Membentur Lubang

Penyebab kedua adalah terbenturnya ban pada lubang-lubang di jalan raya. Ketika kendaraan Anda tidak sengaja melewatinya dengan kecepatan tinggi, terutama lubang dengan kedalaman yang cukup tebal, benturan keras bisa tidak terelakkan lantaran kawat baja pada ban putus. Akibatnya, ban kendaraan Anda menjadi bocor. 

  • Tertusuk Benda Tajam

Penyebab ketiga sekaligus alasan yang paling sering terjadi pada kendaraan-kendaraan adalah tertusuk benda tajam di jalan raya. Sebab, ada banyak sekali benda tajam dengan ukuran kecil yang berserakan di jalanan. Benda-benda tersebut biasanya berupa paku kecil, kawat, serta benda tajam lainnya. Nah, ketika kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi dan melindas benda-benda tajam itu, ban kendaraan akan robek kemudian terjadilah pecah ban.

  • Jarang Dirawat

Penyebab keempat datang dari faktor internal kendaraan, yaitu kurangnya perawatan pada ban. Hal ini mencakup pembersihan benda-benda kecil yang menempel pada ban. Biarpun ukurannya kecil, batu-batu atau kerikil yang menempel pada alur atau celah ban lambat laun akan menusuk lapisan karet ban. Pada akhirnya, ban pecah pun tidak terhindarkan. 

  • Modifikasi Ban

Penyebab kelima adalah modifikasi ban. Memodifikasi kaki-kaki kendaraan ternyata tak hanya berdampak positif, tetapi juga bisa mengakibatkan ban pecah. Salah satu modifikasi yang bisa mengakibatkan hal tersebut terjadi adalah mengganti diameter velg kendaraan tanpa melakukan pertimbangan terkait kecepatan serta beban fisik kendaraan. Akibatnya, beban ban tidak sesuai dengan kapasitas semestinya, sehingga dapat mengakibatkan terjadinya pecah ban. 

Itulah dia beberapa penyebab umum pecahnya ban kendaraan. Hindarilah kebiasaan-kebiasaan di atas jika Anda tidak ingin mengalami kejadian fatal ketika sedang berkendara dengan mobil Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *