January 30, 2023

Hal Penting Pada Setiap Generasi

Internet sudah menjadi kebutuhan umum di era sekarang. Kemudahan yang telah diberikan internet pada paketan smartfren membuat kamu ketagihankan. Jadi kamu pasti salah satu penggunanya, bukan?

Namun, penasaran kah kamu tentang sejarah jaringan internet. Dibawah ini penjelasannya

  1. Generasi Pertama: 1G

Teknologi jaringan 1G pertama kali ditemukan di Eropa pada tahun 1980.  Generasi 1G memanfaatkan teknologi bernama Frequency Division Multiple Access. FDMA bisa membagi-bagi range frekuensi, sehingga pengguna bisa berbicara dengan pengguna lain di frekuensi tersendiri dan tidak bercampur dengan frekuensi lainnya.

  1. Generasi Kedua: 2G

Teknologi 2G diperkenalkan pada tahun 1990-an dengan mulai digunakannya gelombang digital. Perubahannya pun cukup signifikan karena jangkauannya lebih luas dibandingkan generasi sebelumnya. Awalnya teknologi 2G ini disebut sebagai GSM (Global System for Mobiles) dan CDMA (Code Division Multiple Access) yang sudah mendukung pengiriman teks (SMS) dan suara sekaligus.

3.      Generasi Ketiga: 3G

Teknologi 3G diperkenalkan pada awal tahun 2000-an. Salah satu perubahan yang cukup besar dalam 3G adalah dukungan mobile internet dan roaming (akses di luar jangkauan).

Teknologi 3G awalnya dikenal sebagai WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access) yang mendukung kecepatan internet hingga 2 Mbps atau hampir 10x lebih cepat dari teknologi 2G.

4.      Generasi Keempat: 4G

Generasi keempat yaitu 4G dengan teknologi long term evolution atau LTE. Dari sisi kecepatan, 4G memiliki kecepatan 500x lebih cepat dibandingkan teknologi 3G pendahulunya.

Sedangkan dari sisi fungsionalitas, 4G tidak hanya terbatas pada telepon seluler saja tapi bisa digunakan oleh berbagai macam perangkat yang menggunakan gelombang digital.

5.      Generasi Kelima: 5G

Teknologi 5G ternyata telah digunakan di Indonesia. Konektivitas yang cepat serta lebih responsif menjadikan teknologi ini akan sangat berguna dalam meningkatkan performa teknologi sebelumnya.

5G saat ini sudah dapat dinikmati di beberapa perangkat dan wilayah di Indonesia. Tentunya hal ini akan sangat berpotensi merubah lanskap jaringan mobile internet yang sudah ada dan akan mempengaruhi perkembangan teknologi lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *