October 1, 2022

Cara Belajar Investasi  Bagi Pemula Yang Perlu Diketahui

Investasi merupakan hal yang tak asing lagi dilakukan oleh mereka yang ingin mengembangkan kekayaan. Tanpa melakukan investasi mustahil harta akan berkembang lebih besar.  Investasi berkaitan dengan banyak hal. Seperti waktu,  tujuan dan besaran keuntungan. Investasi diperuntukkan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Cara Belajar Investasi  Bagi Pemula Yang Perlu Diketahui

Berikut ini tahapan-tahapan cara belajar investasi bagi pemula yang perlu diketahui, antara lain :

  1. Mengenal macam-macam investasi

Hal yang perlu dipelajari pertama kali oleh seorang pemula dalam belajar investasi adalah mengenal berbagai macam investasi. Dari mulai investasi jangka pendek, jangka sedang sampai investasi jangka panjang. Kemudian setelah memahami jenis-jenis investasi tersebut kemudian memahami resikonya masing-masing.

  1. Pemahaman terhadap resiko

Setiap investasi mempunyai resikonya masing-masing. Tidak ada namanya investasi kecuali dengan resikonya tersendiri. Namun berdasarkan tingkatannya ada investasi dengan tingkat resiko kecil, sedang sampai resiko tinggi.  untuk contoh investasi tingkat resiko sangat kecil adalah emas dan deposito. Sedangkan untuk jenis investasi dengan resiko menengah adalah reksadana.

Sementara itu, untuk jenis investasi dengan  tingkat resiko sangat tinggi dan keuntungan tinggi adalah investasi saham. Anda bisa memilih investasi dengan tingkat resiko sesuai kesiapan anda menerimanya atau sesuai yang anda inginkan.  Pendek kata, dalam memilih jenis investasi maka pilihlah yang paling cocok dengan kebutuhan dan kepribadian anda.

  1. Penetapan tujuan investasi

Diantara berbagai pilihan investasi maka untuk memulai investasi, anda terlebih dahulu  mengetahui tujuan investasi yang anda akan lakukan. Yang paling umum adalah tujuan investasi adalah mengembangbiakan kekayaan.

Namun bukan hanya itu. Tujuan investasi dapat lebih khusus lagi. Misalkan dalam periode tertentu untuk investasi, nominal uang yang ingin anda dapatkan dari investasi  dalam jangka waktu tertentu, besaran uang yang bisa disisihkan untuk investasi dan lain sebagainya.

Contoh kasus saja, misalkan anda mempunyai tujuan investasi untuk biaya ongkos naik haji maupun biaya membangun rumah maupun membayar uang muka rumah dalam masa sepuluh tahun mendatang.

Perencanaan mesti dilakukan dengan memilih instrumen investasi tertentu untuk mencapai uang tersebut.  Adapun jenis investasi yang bisa dipilih adalah investasi jangka panjang. Seperti saham maupun reksadana saham.

Hal tersebut berbeda jika anda  mempunyai tujuan investasi dalam jangka waktu yang pendek seperti enam bulan hingga satu tahun. Misalkan untuk biaya renovasi rumah, liburan bersama keluarga ke luar kota maupun membeli hp baru. Jenis instrumen investasi yang cocok untuk masa dan keperluan  ini adalah peer to peer lending di Indonesia. Seperti Akseleran.

Memberikan pinjaman di Akseleran sangat terjangkau. Keuntungan bisa didapatkan sangat menjanjikan. Keuntungan sampai 10, 5 persen pertahun.  Pemberian pinjaman di Akseleran sangat gampang dan simpel. Dimulai dari pinjaman dana sebesar Rp 100 ribu.

  1. Diversifikasi produk investasi

Cara belajar investasi berikutnya adalah belajar mempelajari diversifikasi produk investasi. Hal ini bertujuan agar lebih memberikan banyak alternatif dan variasi dalam investasi dan mencegah terjadinya kerugian akibat fokus pada satu instrumen investasi.

Sesuai aturan investasi bahwa jangan pernah menyimpan telur pada satu keranjang yang sama. Investasi mesti disebar pada berbagai investasi. Sehingga jika yang satu rugi maka kerugian tidak didapatkan semuanya. Ada sektor investasi lain yang menguntungkan.

  1. Sekarang

Terakhir, cara belajar investasi adalah dengan belajar sekarang juga. Hal ini sangat penting. Sebab jangan pernah menunda-nunda waktu dalam belajar investasi. Saat ini sudah banyak media untuk belajar investasi seperti situs, surat kabar maupun video online.

Anda bisa fokus untuk mempelajari satu investasi terlebih dahulu sampai anda mahir. Setelah mahir maka anda bisa menambah dengan belajar investasi pada  jenis investasi yang lainnya yang anda minati.

Leave a Reply

Your email address will not be published.