Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem, diperkirakan terjadi besok, Minggu (2/8/2020). Dilansir web.meteo.bmkg.go.id , terdapat sirkulasi siklonik terpantau di Papua yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Samudera Pasifik utara Halmahera hingga utara Papua Barat dan dari Samudera Pasifik utara Jayapura hingga Papua bagian tengah. Selain itu, sirkulasi siklonik juga terpantau di Selat Makassar barat Sulawesi Barat.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang di Samudera Hindia barat Sumatera Barat, dari Laut Maluku bagian selatan hingga perairan selatan Sulawesi Utara, serta dari Laut Banda bagian utara hingga Laut Seram yang dapat memberikan potensi pembentukan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat disertai kilat/petir hingga angin kencang/puting beliung besok Minggu hingga Senin, dikutip dari bmkg.go.id .

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang/puting beliung adalah : Sulawesi Utara Gorontalo

Sulawesi Tengah Maluku Utara Maluku

Papua Barat Papua Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang/puting beliung adalah :

Aceh Sumatera Utara Sumatera Barat

Kalimantan Tengah Kalimantan Utara Kalimantan Timur

Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang/puting beliung adalah :

Sulawesi Utara Gorontalo Sulawesi Tengah

Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tenggara

Maluku Utara Maluku Papua Barat

Papua Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang/puting beliung adalah : Sumatera Utara

Sumatera Barat Jambi Kalimantan Tengah

Kalimantan Utara Kalimantan Timur Kalimantan Selatan