August 4, 2021

5 Komoditi Ekspor Indonesia Ke Negara Tetangga Singapura

Di zaman digital saat ini, proses kirim barang ke Singapura dari Indonesia semakin mudah. Meskipun Singapura merupakan negara kecil, tapi tetap memiliki banyak kebutuhan dan banyak dari kebutuhan ini dipenuhi oleh barang ekspor dari Indonesia.

Dengan tingkat perkembangan ekonomi tinggi, tentu saja masyarakat Singapura memiliki tingkat kebutuhan tinggi. Kegiatan impor dari negara maju ini sebagian dipenuhi oleh eksportir Indonesia. Beberapa di antaranya adalah produk kimia, alas kaki, sayuran, dan beragam komoditi lainnya.

Komoditi Ekspor ke Singapura

Terdapat beberapa komoditi yang dapat diekspor dari Indonesia ke Singapura, terutama di antaranya adalah produk makanan dan rempah-rempah. Hal ini karena negara Singapura tidak memiliki banyak lahan untuk menanam sayuran maupun rempah-rempah. Berikut ini beberapa komoditas ekspor yang dikirim dari Indonesia ke Singapura:

1.     Obat Herbal

Obat-obatan herbal Indonesia saat ini sudah banyak dijual ke mancanegara. Salah satunya adalah Singapura. Terlebih karena di negara satu ini lahan sangat terbatas sehingga tidak memiliki tempat bercocok tanam.

Jika Anda tertarik melakukan bisnis kirim barang ke Singapura tidak ada salahnya mencoba menjual obat-obatan herbal. Caranya dengan memasarkan berbagai produk ini melalui media online dan mengirimkan produk dengan ekspedisi atau kurir terpercaya.

2.     Sayuran

Komoditas lain yang didatangkan oleh Singapura dari Indonesia adalah sayuran. Daerah Indonesia yang luas memang memungkinkan menanam berbagai jenis sayuran. Jenis sayuran yang dikirim ke Singapura di antaranya adalah selada air, lobak, labu siam, kentang, labu kuning, dan berbagai jenis sayuran lainnya. Kebanyakan sayuran ini berasal dari Jawa Barat, Sumatera Utara, dan Kepulauan Riau.

3.     Rempah-rempah

Rempah yang biasanya dikirim ke Singapura adalah jahe, kunyit, temulawak, dan beragam rempah lainnya. Rempah-rempah ini dikirim baik dalam kondisi utuh atau sudah dibuat menjadi bubuk, bahkan beberapa telah diekstrak menjadi jamu.

4.     Garmen

Komoditas garmen dari Indonesia memang sudah lama memasuki pasar internasional, salah satu negara yang membutuhkan produk garmen Indonesia adalah Singapura. Walaupun garmen buatan Bangladesh, Tiongkok, dan Vietnam mendominasi pasar Singapura, tapi garmen Indonesia tetap memiliki tempat di pasar Singapura.

5.     Furniture

Berbagai kerajinan mebel dari Indonesia memang sudah terkenal keasliannya hingga ke mancanegara. Negara-negara Eropa dan Amerika menjadi konsumen tetap berbagai produk furniture dari Indonesia. Produk yang diekspor ke Singapura di antaranya adalah meja, kursi, lemari, berbagai patung dan kerajinan lainnya, baik yang terbuat dari rotan, kayu, atau ukiran batu.

Masih banyak produk-produk asal Indonesia yang dapat dijadikan komoditas ekspor. Bisnis impor ini masih memiliki peluang besar sehingga dapat dijadikan sebagai lahan bisnis Anda. Jika Anda memiliki kebutuhan untuk kirim barang ke Singapura pastikan untuk memilih jasa pengiriman terpercaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *