October 1, 2022

3 Langkah Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid

Menstruasi merupakan kodrat bagi setiap wanita. Namun terkadang akan banyak masalah yang timbul ketika tamu bulanan tersebut datang, salah satunya adalah sakit perut. Bagi Anda yang sering mengalami masalah ini, berikut cara mengatasi sakit perut saat haid yang bisa dilakukan saat menstruasi datang.

Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid

Salah satu masalah kesehatan yang sangat mengganggu wanita adalah nyeri haid. Masalah ini bahkan bisa menjadikan masalah serius pada kondisi tertentu. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika mengalami nyeri haid.

Lakukan Kompres Hangat

Langkah pertama yang dapat Anda ambil ketika mengalami nyeri haid adalah dengan melakukan kompres hangat.  Cara ini memang terbukti efektif untuk mengurangi nyeri pada perut ketika datang bulan.

Untuk melakukan kompres hangat ini, Anda cukup menyiapkan alat kompres yang diisi dengan air hangat saja. Tutup dengan rapat agar air tidak tumpah. Letakkan waslap atau alas kain pada perut yang akan dikompres. Baru setelahnya letakkan alat kompres pada bagian perut yang terasa nyeri.

Lakukan dengan tiduran agar lebih mudah. Biasanya nyeri akan berangsur kurang. Jika sudah hilang hangatnya, Anda bisa mengganti airnya dengan air yang lebih hangat.

Minum Sari Kacang Hijau

Cara berikutnya adalah dengan mengkonsumsi sari kacang hijau. Sari kacang hijau ini selain bagus untuk kesehatan, ternyata juga dapat mengurangi nyeri haid loh. Sebab dalam kacang hijau terdapat senyawa seperti zat besi yang membantu proses terbentuknya sel darah merah.

Dengan mengkonsumsi kacang hijau maka darah darah yang keluar yang di dalamnya ada zat besi dan hemoglobin juga akan keluar. Tentunya hal tersebut akan menimbulkan efek lemas, pusing, dan juga mual muntah.

Dengan banyak konsumsi kacang hijau maka zat besi dan juga sel darah merah yang keluar bersama darah haid akan terganti. Selain itu kacang hijau juga kaya protein dan antioksidan yang sangat dibutuhkan ketika butuh membutuhkan banyak tenaga saat menstruasi datang.

Minum Pereda Rasa Nyeri

Apabila kedua cara di atas sudah dilakukan, namun ternyata rasa nyeri belum berkurang, maka Anda dapat minum pereda rasa nyeri. Untuk obat pengurang nyeri haid ini, kini sudah banyak dijual bebas, baik di apotek hingga warung-warung.

Namun akan lebih baik untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter dalam memilih obat yang tepat. Sebab ada berapa obat orang yang tidak tahan beberapa jenis obat anti nyeri. Terutama orang yang memiliki masalah asam lambung, maag dan masalah pencernaan lainnya.

Efek yang ditimbulkan bukan main-main. Bukannya meredakan nyeri haid, malah akan semakin membuat perut menjadi perih dan juga sakit hingga menyebabkan mual ataupun muntah. Jadi sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis lainnya agar mendapatkan obat yang sesuai dengan kondisi tubuh.

Biasa nyeri haid ini juga bisa dikarenakan tidak lancarnya darah yang keluar. Anda juga bisa mencoba cara tradisional yaitu dengan meminum jamu kunyit asam. Selain bagus untuk kesehatan, kunyit asam juga memperlancar haid dan mengurangi bau badan atau anyir darah yang keluar. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.